Latsar CPNS Kab Purwakarta

Pagi hari itu (8/9) aku mengantar Ayu ke tempat berkumpul para peserta Latsar CPNS Kab. Purwakarta yang akan berangkat ke Pusat Pendidikan Administrasi (Pusdikmin) Polri di Gedebage, Bandung. Aku tentu senang karena Ayu akan berada di Bandung dan kami bisa menghabiskan akhir pekan bersama di Bandung. Namun ada yang menarik dari suasana pemberangkatan mereka.

Kita semua tahu bahwa angkatan 2019 mungkin bisa jadi angkatan terbaik untuk CPNS karena proses seleksi yang transparan bahkan hingga saat tes pun kita dapat melihat nilai peserta secara langsung. Alhasil, para CPNS yang lolos didominasi oleh kaum muda khususnya di Purwakarta setelah melihat orang-orang yang akan berangkat ke sana.

Foto bareng Ayu sebelum berangkat.

Seluruh formasi untuk lulusan Pendidikan Ilmu Komputer di Kab Purwakarta yang berjumlah 4 orang diisi oleh alumni UPI. Bahkan tiga di antaranya adalah alumni dari angkatanku, yang juga mereka adalah teman satu SMA dan satu kelas di angkatan 2013. Banyak harapan yang bisa digantungkan untuk para CPNS ini. Jiwa muda yang masih idealis, dengan jumlah yang banyak, tak terlalu tinggi jika kita berharap mereka akan mengubah citra ASN di mata masyarakat untuk bekerja lebih profesional.

Banyak anak muda (terlihat seusia baru lulus kuliah) atau bapak-ibu muda yang terlihat haru ketika hendak berpisah dengan anak-anaknya. Sepenglihatanku, sedikit dari mereka yang terlihat sudah tua. Memang batas usia CPNS adalah 35 tahun. Tapi aku rasa banyak di antara mereka adalah di bawah 30 atau mungkin maksimal 28 tahun.

Semoga saja untuk ke depannya pemerintah terus mempertahankan proses seleksi yang selektif dan transparan seperti tahun lalu sehingga kita akan mendapatkan bibit terbaik untuk membangun bangsa ini ke arah yang lebih baik.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s